PS5: Tambah Penyimpanan SSD Internal Tanpa Ribet

 Kamu dapat meningkatkan kapasitas penyimpanan SSD pada PlayStation 5 kamu dengan mengikuti langkah-langkah berikut!

Kamu memiliki kemampuan untuk meningkatkan penyimpanan internal SSD pada PlayStation 5. Namun, untuk melakukannya, kamu perlu membuka PS5 kamu dan membeli sebuah SSD. PlayStation Blog telah menyajikan metode untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan untuk game konsol Sony. 

Saat ini, opsi peningkatan hanya tersedia bagi mereka yang berpartisipasi dalam program uji coba Beta PlayStation. Namun, setelahnya, peningkatan ini akan tersedia untuk pengguna biasa juga.

Cara Meningkatkan Kapasitas Penyimpanan PS5

Pertama-tama, kompatibilitas M.2 SSD pada PlayStation 5 sesuai dengan yang kami berikan dalam tabel di situs web PlayStation 5. SSD yang akan kamu pesan harus mematuhi peraturan ini.

Bagan Kompatibilitas SSD Playstation 5 M.2

InterfacePCIe Gen4 x4 M.2 NVMe SSD
Kapasitas250GB – 4TB
Struktur pendinginMenggunakan SSD M.2 dengan konsol PS5 membutuhkan pembuangan panas yang efektif dengan struktur pendingin
seperti heatsink. Anda dapat memasang sendiri SSD M.2
dalam format satu sisi atau dua sisi. Ada juga SSD M.2
dengan struktur pendingin internal (seperti heatsink).
Kecepatan baca berurutanDirekomendasikan 5.500MB/s atau lebih cepat
Lebar modul22 mm genişlik (25 mm genişlik desteklenmez)
Faktor bentukM.2 tip 2230, 2242, 2260, 2280 ve 22110
Jenis SoketSoket 3 (Anahtar M)
Dimensi keseluruhan termasuk struktur pendingin110 mm (U) x 25 mm (G) x 11,25 mm (Y)’den daha küçük

Cara Meningkatkan Kapasitas Penyimpanan PS5

Hal-hal lain yang kamu perlukan untuk meningkatkan penyimpanan

Kami merekomendasikan kamu untuk memasang SSD PS5 pada permukaan datar dan di ruangan yang cukup terang. Selain itu, kamu akan memerlukan obeng bintang nomor 1 untuk melepas dua sekrup, salah satunya untuk menjaga penutup slot SSD tetap terbuka dan yang lainnya untuk mengamankan SSD.

Persiapkan SSD kamu untuk penggunaan

Jika kamu menggunakan M.2 SSD dengan PS5 untuk pertama kalinya, kamu akan diminta untuk memformatnya. Harap diingat bahwa memformat SSD akan menghapus semua data yang ada di dalamnya dan data yang dihapus tidak dapat dikembalikan. Oleh karena itu, pastikan kamu telah mengalihkan data penting ke perangkat lain sebelum memformatnya, kecuali jika kamu menggunakan SSD NVMe yang benar-benar baru.

Setelah SSD kamu siap untuk dipasang, kamu perlu membuka PS5 kamu.

Menyiapkan PS5 untuk Peningkatan Penyimpanan

Sebelum kamu membuka panel depan PS5, pastikan kamu telah memeriksa apakah kamu telah menginstal versi sistem beta dan apakah kamu dapat menginstal SSD NVMe ke dalam partisi yang ada. Kamu dapat melakukan ini dengan pergi ke Pengaturan > Sistem > Perangkat Lunak Sistem > Info Konsol.

Jika kamu telah mengupdate PS5 kamu, kamu perlu mematikannya dengan menekan tombol daya konsol selama tiga detik. Setelah benar-benar mati, lepaskan semua kabel dan perangkat yang terhubung ke konsol. Jika konsol telah digunakan dalam waktu lama, kamu juga dapat membiarkannya dingin terlebih dahulu sejenak.

Bagaimana cara membongkar PS5?

Anda sekarang siap melepas penyangga PS5 dan membuka PS5. Letakkan konsol secara mendatar dengan drive disk di sisi kanan Anda.

Secara hati-hati, letakkan tangan Anda pada sudut atas tutupnya, lalu tarik perlahan-lahan ke atas dan ke arah Anda, Anda mungkin akan mendengar bunyi klik untuk menandakan bahwa tutupnya sudah terlepas.

Bagaimana cara memasang SSD di PlayStation 5?

Dengan penutup dilepas, Anda akan menemukan slot yang disediakan untuk ekspansi. Slot ini tersembunyi di balik penutup logam persegi panjang dan terletak di sebelah kiri, tepat di bawah lekukan konsol dari tepi kiri ke tepi atas.


Hanya satu sekrup yang menahan penutup di bagian atas, jadi dengan menggunakan obeng Phillips nomor 1 atau obeng Phillips, lepaskan penutup dan tutupnya. Di dalam slot ekspansi, Anda akan melihat sekrup lainnya dan sebuah spacer, lepaskan keduanya.  Atur ulang posisi spacer sesuai ukuran SSD M.2 Anda dan pastikan spacer telah terpasang dengan benar sebelum memasang SSD.

Untuk memasang SSD M.2 Anda, pastikan SSD sejajar dengan lekukan pada konektor ekspansi dan masukkan sepenuhnya. Pastikan SSD dimasukkan dengan benar karena kesalahan apa pun dapat merusak SSD dan PS5 Anda. Anda akan mendengar dan merasakan bunyi klik saat memasukkannya dengan benar.

Kencangkan SSD M.2 agar terpasang menggunakan sekrup yang telah Anda lepaskan sebelumnya. Setelah dinyalakan, pasang kembali penutup slot ekspansi dan kencangkan.

Untuk memasang kembali penutup pada PS5 Anda, letakkan sedikit menjauh dari tepi atas dan geser kembali ke tempatnya. Dengarkan bunyi klik untuk mengetahui bahwa penutup sudah terpasang dengan benar. Terakhir, setelah PS5 Anda kembali ke posisi yang diinginkan, pasang kembali penyangga dan sambungkan kembali kabel daya AC, kabel, dan nyalakan kembali.

Jika Anda telah melakukan semuanya dengan benar, panduan format SSD akan muncul di layar untuk memandu Anda memformat SSD M.2 baru Anda. Pastikan Anda tidak mematikan konsol PS5 pada tahap ini. Setelah pemformatan selesai, SSD M.2 Anda akan terinstal sepenuhnya dan siap digunakan.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama